lpk intan

lpk intan

Rabu, 04 November 2015

Penempatan Lulusan Bantuan Program Pelatihan 2015



Lulusan Pelatihan yang memilih wira usaha mendapat pendampingan dari Lembaga Pelatihan LPK Intan, antara lain berupa pemberian order jahitan, penambahan materi cara membuat desain pola busana menggunakan komputer, dan problem solusi kewiraswastaan lain, supaya para lulusan mampu bersaing dengan usaha jahitan yang ada di sekitarnya. Tanpa pendamping kewiraswastaan yang mantap, para lulusan yang baru mulai usaha bisa terkejut dengan ketatnya persaingan usaha sekarang ini... Alkhamdulillah, Kelompok Usaha Mandiri Lulusan LPK Intan sudah berdiri selama 2 tahun (sejak tahun 2013) dan kuat bersaing dengan usaha sejenis disekitarnya.



Peserta latihan dapat membuat kemeja, celana, kebaya dan rok panjang selama pelatihan 100 jam pelatihan, karena setiap peserta sudah memiliki Buku plus 5 (lima) keping VCD tutorial menjahit dari LPK Intan Sruweng.  Pengalaman ini sudah di-uji coba pakai pada pelatihan di desa-desa bekerja sama PNPM sejak tahun 2011 sampai 2015 lebih dari 10 (sepuluh) kelompok pelatihan dengan hasil memuaskan bagi para peserta latihan.

Bila peserta belum memiliki Buku plus 5 (lima) keping VCD tutorial menjahit LPK Intan, maka dalam jangka waktu pelatihan yang hanya 100 jam pelatihan tidak mungkin dapat berhasil membuat 4 potong pakaian jadi, tetapi ditargetkan hanya 2 potong pakaian, yaitu pakaian pria saja (kemeja dan celana panjang) atau pakaian wanita saja (kebaya dan rok panjang).

Maaf, ini sekedar berbagi pengalaman memberi pelatihan menjahit dari desa ke desa lain selama 5 tahun sejak tahun 2011 yang lalu, bekerjasama dengan program PNPM, program Kemnaker dan Program MP3KI, semoga dapat diambil hikmah dan manfaatnya.

Terimakasih.

PELATIHAN BORDIR DIGITAL
Wilcom Embroidery Studio e1.5
LPK INTAN SRUWENG KEBUMEN



12 komentar:

  1. Penempatan Lulusan Pelatihan yang didukung foto bersama antara wakil Pemerintah (Disnaker), wakil perusahaan industri yang menerima penempatan (PT Matrix), wakil Lembaga Pelatihan (LPK Intan) dan wakil masyarakat (lulusan yang ditempatkan), meski hanya foto sederhana tapi memiliki nilai bobot yang bermakna.
    Pertama, mengurangi jumlah pengangguran perlu kerjasama antara Pemerintah, Kalangan Industri, Lembaga Pelatihan dan Masyarakat.
    Kedua, kerjasama itu LEBIH FAKTUAL, dan NYATA ADANYA dapat dirasakan bersama oleh semua pihak, khususnya warga masyarakat yang sudah semakin kritis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepercayaan masyarakat dan perusahaan industri serta Pemerintah kepada Lembaga Pelatihan merupakan KEKUATAN UTAMA yang dapat menjamin maju atau mundurnya Lembaga Pelatihan di masa mendatang...

      Hapus
  2. BETUL NYATA DAN LEGAL... Ok banget, siiip...
    Semoga Lembaga Pelatihan yang lain bisa terbuka seperti ini, jangan laporannya aja yang rapi tapi kenyataan yang ada di lapangan entahlah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan Pelatihan yang berminat kerja ditempatkan kerja sesuai bidang pelatihannya.
      Lulusan Pelatihan yang memilih usaha mandiri tetap didampingi Lembaga LPK Intan, supaya mampu bersaing dengan usaha sejenis di sekitarnya... makasih.

      Hapus
  3. Bravo LPK Intan... LUAR BIASA !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga usaha Anda juga semakin maju dan sukses.
      Saling berbagi dan saling mendoakan dari jauh...

      Hapus
  4. Terimakasih atas kesediaan LPK Intan untuk bekerjasama dengan PNPM dan MP3KI dalam pelatihan menjahit yang berkualitas dan pelatihan bordir digital Wilcom Embroidery. Salam sukses buat LPK Intan yang nyata BEDA dengan Lembaga Pelatihan pada umumnya.

    BalasHapus
  5. Sama2, terimakasih juga atas kepercayaan PNPM, MP3KI dan kepercayaan masyarakat kepada LPK Intan Sruweng.

    BalasHapus
  6. Bagus, bagus tenan, iso ditiru pokoke...

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Selalu waspada tetap berada di jalan yang membawa berkah dan keselamatan...
      terimakasih.

      Hapus