lpk intan

lpk intan

Jumat, 30 September 2016

Pelatihan Komputer Untuk Karyawan Karyawati Puskesmas



Dalam rangka peningkatan kemampuan SDM Kesehatan untuk mengelola Pelayanan Publik dibidang kesehatan yang semakin berkembang menggunakan system kerja berbasis internet, maka karyawan dan karyawati Puskesmas harus dapat menguasai pengoperasian komputer, khususnya penggunaan jaringan internet untuk pelayanan masyarakat dibidang kesehatan.
Sehubungan hal itu, materi pelatihan komputer lebih dititik beratkan pada managemen folder dan file, cara browsing di internet, cara penggunaan jaringan internet untuk surat menyurat menggunakan e-mail, cara pembuatan file-file pdf untuk pembuatan laporan menggunakan e-laporan, serta tugas-tugas pekerjaan lain yang semakin berbasis jaringan internet. Sebagai materi pelatihan pendukung lainnya adalah pengoperasian Ms.Word, Ms.Excel dan Ms.PowerPoint.

Setelah mengamati keberadaan kursus-kursus komputer di Kabupaten Kebumen, memperhatikan dan mencermati kemampuan kursus-kursus komputer tersebut di jaringan internet dengan cara browsing untuk nama-nama kursus komputer yang ada di Kabupaten Kebumen, kami selaku team panitia penyelenggara pelatihan komputer untuk karyawan Puskesmas dapat merasakan secara obyektif, bahwa pada kenyataannya kursus komputer yang paling menonjol di jaringan internet adalah Lpk Intan yang beralamat di Sruweng Kebumen. Kondisi ini merupakan bukti bahwa lembaga kursus tersebut betul-betul telah menguasai system jaringan internet yang sedang dibutuhkan oleh karyawan Puskesmas.  Team kami segera menghubungi dan mendatangi Lpk Intan Sruweng sampai beberapa kali bermusyawarah, yang akhirnya diperoleh kesepakatan bahwa Lpk Intan Sruweng bersedia diajak kerjasama untuk melaksanakan pelatihan komputer yang sesuai dengan kebutuhan karyawan Puskesmas. Begitu penjelasan Bp. Agus Wahono selaku panitia penyelenggara pelatihan karyawan Puskesmas, mengawali kata sambutannya pada acara pembukaan pelatihan yang dilaksanakan tanggal 28 September 2016 bertempat di aula Puskesmas Sruweng.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa calon peserta latihan komputer terdiri dari para pegawai bagian administrasi dan pelayanan masyarakat, serta para perawat dan para bidan. Juga dijelaskan tentang sumber dan besarnya dana yang akan digunakan untuk membiayai pelatihan komputer ini. Pada bagian akhir kata sambutannya dijelaskan bahwa dari jumlah calon peserta latihan yang ada, kondisinya tidak memungkinkan kalau hanya dijadikan satu angkatan saja, harus dipecah-pecah menjadi beberapa angkatan atau beberapa gelombang. Karena itu nanti pada acara lain-lain dimohon kesediaan team dari Lpk Intan bersama-sama kami dari team penyelenggara latihan Puskesmas serta para calon peserta semuanya, untuk musyawarah bersama, guna mengambil keputusan, bagaimana sebaiknya pemecahan angkatan harus dilakukan, dan bagaimana sebaiknya jadwal kursus harus dilaksanakan, supaya semuanya bisa berjalan lancar, tidak terlalu mengganggu aktifitas Lpk Intan serta tidak terlalu mengganggu aktifitas Puskesmas, demikian pesan Bp. Agus Wahono mengakhiri kata sambutannya.


Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Puskesmas Sruweng, ibu Retno Sundari, S.Km. yang antara lain memanjatkan puja-puji syukur kehadirat Alloh SWT, mengucapkan selamat datang kepada team dari Lpk Intan Sruweng, dan memohon kerjasamanya untuk melaksanakan pelatihan komputer yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan karyawati Puskesmas. Selanjutnya beliau menyampaikan inti sambutannya, bahwa pada masa mendatang system kerja lembaga, perusahaan dan instansi, baik pemerintah maupun swasta, kesemuanya akan dikembangkan system kerjanya menggunakan aplikasi-aplikasi khusus terbaru yang berbasis pada jaringan internet. Karena itu setiap pegawai negeri maupun swasta, termasuk karyawan dan karyawati Puskesmas semuanya harus bisa menggunakan jaringan internet, sehingga akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan aplikasi system kerja terbaru di masa mendatang yang kesemuanya berbasis jaringan internet. Kalau paket Ms.Office seperti word, excel dan powerpoint diantara calon peserta kursus banyak yang sudah bisa, jadi sifatnya sekedar menghangatkan kembali sebagai dasar untuk bisa menggunakan jaringan internet.

Adanya perubahan system kerja di masa mendatang, disatu sisi merupakan kemajuan teknologi yang pantas disambut baik, namun disisi lain para karyawan dan karyawati dituntut harus mau belajar dan latihan agar bisa mengoperasikannya. Kasihan nasibnya kalau ada karyawan yang sampai tidak bisa menggunakan, karena hal ini bisa dianggap bahwa karyawan dan karyawati yang bersangkutan tidak mampu bekerja, dan dengan hormat dipersilakan untuk tidak usah bekerja saja, lebih baik dirumah sendiri mengerjakan apa saja yang dia bisa mengerjakannya...
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang nanti, dimohon kepada Lembaga Pelatihan Kerja Lpk Intan Sruweng dapat memberikan pelatihan yang semaksimal mungkin dilandasi niat ibadah, dan kepada karyawan dan karyawati Puskesmas calon peserta pelatihan dapat belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, dilandasi kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi.
Akhirnya, kepada semua pihak yang ikut terkait dengan pelaksanaan pelatihan komputer bagi karyawan dan karyawati Puskesmas diucapkan banyak terimakasih.


Acara selanjutnya adalah, sambil menikmati kotak snack berukuran jumbo dilakukan penanda-tanganan perjanjian kerjasama pelatihan komputer antara Puskesmas sebagai pihak pertama dan Lpk Intan Sruweng sebagai pihak kedua. Kepala Puskesmas menandatangi diatas meterai, dan lembar surat perjanjian kerjasama itu akan diserahkan kepada Lpk Intan Sruweng. Pendandatanganan surat perjanjian kerjasama pelatihan itu dilaksanakan dengan khidmat.









Sebaliknya Pimpinan Lpk Intan yang diwakili bp. Iman Sayekti juga tandatangan diatas meterai, dan lembar surat perjanjian kerjasama itu akan diserahkan kepada pihak Puskesmas. Dengan kata lain, lembar surat perjanjian kerjasama pelatihan itu dibuat asli rangkap dua, keduanya dibubuhi meterai yang cukup, dan sama-sama memegang sebagai dasar untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing menurut isi surat perjanjian tersebut.  
  
    








Kesempatan selanjutnya diberikan kepada team Lpk Intan Sruweng yang disampaikan oleh bp. Iman Sayekti sebagai penyusun program pelatihan di lembaga kursus tersebut untuk menyampaikan program pelatihannya, kepadanya diberikan waktu secukupnya sampai tuntas.
Sebelum menyampaikan program pelatihannya, atas nama team Lpk Intan Sruweng mengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga Puskesmas di Kebumen yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada kursus komputer Lpk Intan untuk memberikan pelatihan karyawan dan karyawatinya.








Dengan singkat padat, bp. Iman Sayekti menyampaikan bahwa program pelatihan komputer telah berhasil disusun berdasarkan analisa kebutuhan keahlian bagi karyawan dan karyawati Puskesmas, dengan rincian sbb.:

1.       Dasar-dasar penggunaan komputer dan jaringan internet, meliputi:
  1. Folder dan sub-folder di komputer, flashdisk dan di drive khusus pada jaringan internet, bagaimana cara membuat, memindah, mengganti nama, dan menghapusnya. Dengan demikian setiap karyawan pengguna komputer dapat memiliki folder sendiri-sendiri yang terpisah, sehingga tidak saling mengganggu dan terganggu dengan punya teman lain sekerjanya, meskipun mereka menggunakan komputer/laptop yang sama.
  2. Managemen file di komputer, flashdisk dan di folder khusus pada jaringan internet, cara menyimpan, memindah, mengganti nama, menghapus dan cara mengunduh serta mengirim file tertentu dari dan ke folder khusus yang ada pada jaringan internet.

2.       Praktek penggunaan microsoft office, meliputi:
a.       Ms.Word, intinya penulisan naskah, penggunaan bullet numbering, penyisipan tabel, grafik, gambar, word-art, clip-art. Juga surat menyurat, pembuatan mailing untuk surat massal, dan cara pencetakan Word ke printer.
b.      Ms.Excel, intinya pengolahan angka menggunakan rumus, formula, fungsi2 terpasang seperti fungsi statistik, fungsi logika if, fungsi tabel v-lookup dan h-lookup. Juga pengolahan data serta pengolahan grafik, tidak ketinggalan cara pencetakan excel ke printer.
c.       Ms.PowerPoint, intinya dapat menyiapkan dan menampilkan data-data dan laporan-laporan untuk kepentingan presentasi pada acara rapat, seminar, penataran dan pertemuan lainnya.

3.       Praktek penggunaan jaringan internet, meliputi:
a.       Pendayagunaan drive khusus di jaringan internet, yang sangat berguna sebagai media penyimpanan data-data perusahaan dengan aman, nyaman, praktis dan awet.
·         Aman, karena yg bisa masuk hanya pemilik saja dan harus melewati password pengaman.
·         Nyaman, karena data-data yang tersimpan pada drive jaringan internet dapat dikirim, dibagi dan diunduh dengan lebih cepat dibanding yang tersimpan di komputer.
·         Praktis, tidak kenal ada file data yang ketinggalan di komputer atau flashdisk, karena dimanapun kita berada, file data yang tersimpan dalam drive jaringan internet dapat diambil dengan mudah, asal kita bisa masuk kedalam akses internet.
·         Awet, karena file yang tersimpan di drive jaringan internet tidak akan hilang kecuali dihapus sendiri, tidak akan rusak dan tidak akan berubah digoda virus komputer.
b.      Pembuatan file PDF (Permanent Display Format), file ini berukuran relatif kecil dan ringan, dapat menyimpan sesuai bentuk yang tampil di layar serta permanen tidak bisa di-edit dan dirubah oleh pihak yang kurang bertanggung-jawab. File PDF lazim digunakan untuk mengirimkan peraturan dan lainnya, dapat disimpan di drive khusus di jaringan internet.
c.       Pembuatan E-MAIL, baik menggunakan gmail pada Google maupun menggunakan Yahoo.  Juga bagaimana cara penggunaan surat menyurat elektronik, surat massal elektronik, penyusunan laporan elektronik dan mengirimkannya, penyusunan proposal elektronik dan cara mengirimkannya. Lazimnya yang serba elektronik itu menggunakan file PDF.

Demikian intisari materi pelatihan yang akan dipelajari selama mengikuti kursus komputer untuk karyawan dan karyawati puskesmas. Lamanya waktu untuk kursus sudah dirancang selama 100 jam, bila menjalani kursus setiap hari selama 4 jam akan terselesaikan dalam 25 hari kursus sekitar satu bulan lamanya untuk setiap angkatan. Tetapi bila dikehendaki seminggu kursus 3 kali saja selama 4 jam juga, seluruh materi kursus akan selesai selama 2 bulan, untuk satu angkatan. Bagaimana kesepakatan waktu dan jadwal kursus nanti akan dibahas bersama-sama panitia penyelenggara pada acara lain-lain.
Demikian kata sambutan kami mewakili Team dari Lpk Intan Sruweng, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan, terimakasih atas perhatian semuanya.



Pada acara lain-lain yang dipimpin team panitia penyelenggara pelatihan karyawan dari Puskesmas akhirnya dapat disepakati bersama, bahwa jadwal pelatihan berlaku seminggu 3 kali kursus, pada hari-hari Senin-Rabu-Jum’at untuk angkatan gelombang ganjil dan hari-hari Selasa-Kamis-Sabtu untuk angkatan gelombang genap. Dengan demikian, angkatan pertama dan angkatan kedua relatif bisa start bersama dan akan selesai bersama dua bulan mendatang. Setelah angkatan pertama dan kedua selesai, barulah bisa masuk dilanjut angkatan ketiga dan keempat secara serempak juga, demikian seterusnya sampai tugas pelatihan selesai sesuai perjanjian kontrak kerjasama yang telah disetujui dan ditandatangani bersama... 


Terimakasih atas kepercayaan perusahaan, lembaga, instansi dan masyarakat luas
kepada Kursus Komputer Lpk Intan Sruweng Kebumen
Dibawah pembinaan Disnakertransos Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

(doc.lpk_intan&puskesmas_2016).


9 komentar:

  1. Slamat berjuang bapak Iman... jangan kalah dengan kursus komputer yang lebih muda ya... hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih support-nya bu... ketika di ruang kursus komputer Puskesmas, bapak merasa senang, tapi kalo refresing keluar ruangan jadi sedih, karena disini banyak orang sakit lagi ngantri berobat...

      Hapus
    2. ya namanya Puskesmas ya tamu2-nya banyak yg sakit... bersyukurlah bapak masih dikaruniai kesehatan oleh Alloh swt yaa...

      Hapus
  2. Selamat menjadi lembaga kursus yang dewasa, yaitu lembaga kursus yang mendapat pengakuan pemerintah, mendapat pengakuan masyarakat dan mendapat pengakuan kalangan industri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat pengakuan pemerintah: Lpk Intan harus terakreditasi LA-LPK.
      Dpt pengakuan masyarakat: Lpk Intan harus punya peserta kursus reguler (berbayar-tidak gratis).
      Dpt pengakuan industri: Lulusan Lpk Intan harus ditempatkan kerja atau mau dan mampu wirausaha...
      Doa sangat bagus, insya Alloh dikabulkan, makasih...









      Hapus
  3. karena system kerja perusahaan/lembaga/instansi masa sekarang dan mendatang menggunakan system aplikasi terbaru yang berbasis internet, maka supaya bisa bekerja lebih efektif dan intensif harus memiliki drive khusus jaringan internet supaya dapat meningkatkan pelayanannya. Saya salut dan bangga kepada lembaga kursus komputer yang mengajarkan pendayagunaan drive khusus jaringan internet seperti kursus komputer Lpk Intan Sruweng, selamat berkarya dengan innovasi baru dibidang pelatihan, salam sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. team Lpk Intan menyusun program pelatihan komputer berdasarkan masukan kebutuhan keahlian para karyawan puskesmas, sesuai yang telah diajukan oleh team panitia penyelenggara pelatihan dari puskesmas, dan telah disetujui bersama... makasih.

      Hapus
  4. Pendayagunaan drive jaringan internet sangat diperlukan perusahaan/lembaga/instansi pada masa sekarang dan mendatang supaya dapat meningkatkan pelayanan masyarakat menggunakan aplikasi kerja terbaru yang berbasis internet... Salut buat kursus Lpk Intan Sruweng telah siap memberikan pelatihan point penting tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maturnuwun trimakasih komentarnya... Pendayagunaan drive internet sekarang dan mendatang memang sangat perlu dimiliki oleh perusahaan/lembaga/instansi agar bisa memberi pelayanan masyarakat yang terbaik berdasarkan system aplikasi kerja yang sudah berbasis internet... sayang sekali dan sangat memprihatinkan, karena fakta sekarang banyak kursus komputer yang belum mengajarkan point penting tersebut...

      Hapus